Kamis, 05 Mei 2011

Kerja sama ekonomi internasional


A.Bentuk dan Tujuan Kerja Sama Ekonomi Antarnegara
                Kerja sama ekonomi antarnegara/kerjasama ekonomi internasional adalah kerjasama antar Negara satu dengan Negara lain dalam bidang ekonomi(ekspor dan impor) dengan prinsip saling menguntungkan.Kerja sama ekonomi antarnegara juga berdasarkan pada politik luar negeri masing-masing Negara.Politik luar negeri kita adalah politik bebas aktif.Bebas artinya bersedia bekerja sama dengan Negara manapun(nonblok),sedangkan aktif artinya senantiasa ikut menjaga ketertiban dan dan perdamaian dunia.
1.Bentuk-Bentuk Kerja Sama Ekonomi Antarnegara
a.Kerja sama ekonomi bilateral,merupakan bentuk kerja sama ekonomi yang terdiri dari 2 negara saja misal Indonesia dengan Australia.
b.Kerja sama ekonomi multilateral,merupakan suatu bentuk kerjasama ekonomi yang terdiri dari beberapa Negara.
c.Kerja sama ekonomi regional,merupakan suatu bentuk kerja sama ekonomi yang dilakukan oleh beberapa Negara yang berada pada suatu daerah tertentu yang saling berdekatan misal ASEAN,MEE.
d.Kerja sama ekonomi antarregional,merupakan bentuk kerja sama ekonomi yang dilakukan oleh kelompok Negara-negara disuatu daerah dengan daerah lainnya misal kerjasama ASEAN dengan MEE.
e.Kerja sama ekonomi internasional,merupakan suatu bentuk kerja sama ekonomi yang terdiri dari beberapa Negara meliputi hamper seluruh dunia.
2.Tujuan Kerja Sama Ekonomi Antarnegara
a.mencukupi kebutuhan barang-barang dalam negeri
b.membebaskan bangsa sari kemiskinan,kelaparan,dan meningkatkan kemakmuran
c.melindungi industry dalam negeri
d.meningkatkan perolehan devisa Negara
e.memperluas lapangan kerja
f.untuk mencapai tujuan-tujuan lain yang diperoleh baik dibidang poitik,pertahanan,keamanan,perdamaian,sosial budaya,iptek dan lain-lain.
B.Dampak Kerja Sama Ekonomi Internasional
                Kerja sama ekonomo antarnegara baik secara regional maupun global mempunyai dampak positif dan negative.Kerjasama ekonomi internasional memberikan dampak positif karena memberi peluang perluasan pasar bagi suatu Negara.Sedangkan di sisi lain,kerja sama ekonomi antarnegara dapat mengancam kepentingan Negara dan produsen suatu Negara yang struktuk perekonomiannya lemah.Berikut adalah dampak positif dari kerja sama ekonomi internasional:
1.Mempererat hubungan antarnegara
                Eratnya hubungan antarbangsa/antarnegara akan mendorong kerjasama lebih lanjut diluar bidang ekonomi misal kerjasama dibidang pendidikan,pariwisata,kebudayaan,dan militer.
2.Mendorong produktivitas suatu Negara
                Jika semua didaeah Indonesia menjalin kerjasama ekonomi dengan luar negeri maka produktivitasa bangsa Indonesia akan meningkat dengan cepat.Peningkatan produktivitas akan mengurangi jumlah pengangguran&peningkatan pendapatan.
3.Meningkatkan perolehan devisa Negara
                Kerjasama ekonomi internasional akan mendorong suatu Negara membelanjakan mata uangnya ke Negara lain.misal Belanda mengimpor jahe dari Indonesia.Semakin tinggi perolehan devisa suatu Negara maka posisi ekonomi Negara didunia internasional akan semakin kuat.
4.Meningkatkan kemakmuran bangsa-bangsa seluruh dunia
                Kerja sama ekonomi internasional akan mendorong peningkatan kemakmuran bangsa-bangsa diseluruh dunia.Jika bangsa-bangsa diseluruh dunia mencapai kamakmuran maka kejahatan akan berkurang.Cita-cita suatu Negara untuk menguasai Negara lain juga akan berkurang,sehingga pertikaian dan perang antarnegara/antarbangsa pasti akan berkurang.
DAFTAR PUSTAKA:
Subroto.DJ,dan Daru Wahyuni.2004.Pengetahuan Sosial Ekonomi.Jakarta:Bumi Aksara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar