Kamis, 27 Januari 2011

jakarta oh jakarta


Jakarta, secara resmi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, adalah modal terbesar kota dan Indonesia . . Terletak di barat laut pantai Jawa , itu memiliki luas 661 kilometer persegi (255 sq mi) dan 2010 hitungan sensus penduduk 9.580.000. Jakarta adalah negara ekonomi, budaya dan politik pusat. It is the most populous city in Indonesia and in Southeast Asia , and is the twelfth-largest city in the world. Ini adalah kota paling padat penduduknya di Indonesia dan di Asia Tenggara , dan merupakan kota terbesar kedua belas di dunia. The urban area, Jabodetabek , is the second largest in the world. Daerah perkotaan, Jabodetabek , merupakan terbesar kedua di dunia. Jakarta terdaftar sebagai kota global pada Globalisasi 2008 dan Dunia Kota Kelompok Studi dan Jaringan (GaWC) penelitian. kota Nama ini berasal dari Jawa Kuna kata "Jayakarta" yang diterjemahkan sebagai "perbuatan menang", "bertindak lengkap ", atau" kemenangan lengkap ".
Established in the fourth century, the city became an important trading port for the Kingdom of Sunda . Didirikan pada abad keempat, kota ini menjadi pelabuhan dagang penting bagi Kerajaan Sunda .  Itu dibuat ibukota Indonesia ketika negara ini menjadi mandiri setelah Perang Dunia II . Hal ini sebelumnya dikenal sebagai Sunda Kelapa (397-1527), Jayakarta (1527-1619), Batavia (1619-1942), dan Djakarta (1942-1972).
Tengara termasuk Monumen Nasional dan Masjid Istiqlal . Jakarta dilayani oleh Soekarno-Hatta International Airport , Bandara Internasional Halim Perdanakusuma , dan Pelabuhan Tanjung Priok , melainkan dihubungkan oleh beberapa antarkota dan kereta api komuter, dan dilayani oleh jalur bus berjalan di reserved busway .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar